well , well , well , well, , , , , ,
ada req masuk pengen di ceritain all about ticketing, but gue masih bingung mau di ceritainnya kek apa modelnya, karena menjadi seorang ticketing itu kamu harus masuk dulu dalam perusahaan tersebut baru akan mengerti isi isi di dalamnya, seperti sistem nya dll lah pokoknya karena sistem dari satu maskapai dengan maskapai lainnya itu berbeda, Garuda, lion, sriwijaya, nam, express, wings, citilink, trigana, air asia, batik dll ,
entah kalau lion, wings dan batik, sriwijaya dan nam mungkin perusahaan yang satu bendera sistem dalam ticketingnya akan sama (mungkin ya, karna gue nggak tau sistem maskapai lain)
untuk garuda dan citilink walau sama sama dalam satu bendera , walau citilink adalah anak perusahaan garuda, tapi sistem kedua nya berbeda ya genks,
nah sebelum gue jelasin ke hal-hal yang lebih mendalam tentang ticketing, baiknya temen temen harus tau dulu dasar dasar ticketing, seperti apa dasar dasar ticketing itu?????
1. three letter code dan nama nama airport
atau yang sering kita sebut kode kota, jadi temen temen harus tau semua kode kota domestik dan international, untuk kode kota domestik teman teman bisa cek di MSP blog link berikut http://koriatulmahmuda.blogspot.co.id/2016/01/three-letter-code-kode-kota-nama-nama.html
2. aviation alvabeth
atau yang biasa kita dengar alvabeth penerbangan, ini perlu teman teman tau karna penting untuk seorang ticketing ketika akan berinteraksi dengan penumpang/ customers via telepon, so harus di pelajari yaa
untuk link nya bisa di cek di link ini http://koriatulmahmuda.blogspot.co.id/2014/03/aviation-alphabet.html
3. knowlegde tentang produk produk perusahaan
untuk knowledge disini akan teman-teman tau lebih jelas dan akurat pada saat teman teman sudah bergabung di dalam perusahaan tersebut, but kalau teman teman mau pelajari sebelum bergabung di dlm perusahaan tersebut biar punya nilai plus pada saat recruitment nanti, teman teman bisa share di google apa apa saja produk produk dalam perusahaan yang akan teman teman masuki, untuk link nggak ada ya, soalnya sebelumnya gue belum pernah share apapun tentang knowledge produk perusahaan
4. standar pelayanan
untuk maskapai garuda indonesia sendiri memang memiliki standar pelayanan tersendiri, standar-standar itu meliputi :
cara berpakaian, cara berbicara, cara berjalan, cara duduk, cara berdandan, cara menghandle penumpang pada saat ada permasalahan, dan lain sebagainya,
untuk teman-teman jangan khawatir karna garuda akan mengajarkan semua itu dalam satu training BSA (basic service attitude) disana akan diajari SEMUANYA,
tapi sebelum diajari alangkah baiknya teman teman sudah harus punya penampilan yang menarik ya, sopan, dan ramah, :)
untuk link ada yaa tentang BSA tapi hanya cerita pada saat on board saja, untuk ke materi mohon maaf belum ada , tapi kalau teman teman mau link cerita on board bisa di baca disini http://koriatulmahmuda.blogspot.co.id/2014/11/training-bsa-basic-service-attitude-i.html dan disini http://koriatulmahmuda.blogspot.co.id/2014/11/training-bsa-basic-service-attitude-ii.html
nah gue pikir cukup ini dulu yang gue share ke teman teman yaa, udah bingung mau share apa lagi, tapi tenang aja kalau ada lagi yang harus gue tambahin bakal gue share part II nya kok, kalau dari teman teman mau tambahin atau mungkin ada saran boleh langsung kontak aku di
line : koriatulmahmudah
email : koriatulmahmudah@gmail.com
selamat belajar semua yaa
terimakasih banyakk :*:*:*:*:*
Koria info yang sangat menarik jadi sedikit tau dalam dunia ticketing share terus eachhh lagi menyimak
ReplyDeleteBaik mas, terimakasih ya
ReplyDelete